Beranda - Fokus - BLK Harus Mampu Tingkatkan Kompetensi Kerja
Suasana salah satu rapat paripurna DPRD Sumbar
Suasana salah satu rapat paripurna DPRD Sumbar

BLK Harus Mampu Tingkatkan Kompetensi Kerja

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Pusat pelatihan kerja,  secara konkret harus mampu meningkatkan keterampilan dan kompetensi dari para pencari kerja. Hal itu harus dilakukan untuk mempercepat penyerapan tenaga kerja. Tidak hanya itu output yang dihasilkan hendaknya juga mampu untuk membuka lapangan kerja sendiri.

Hal itu disampaikan jurubicara Fraksi PKS Mokhlasin dalam rapat paripurna DPRD Sumbar tentang Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi terhadap tiga Ranperda dan Penyampaian Nota Pengantar dua Ranperda, di Gedung DPRD Sumbar, Jumat (30/11/2018).

Menurutnya, selain berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, BLK dituntut mampu menjembatani kesenjangan kompetensi antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. “Pola pelatihan di BLK-BLK milik pemerintah daerah, harus mengutamakan jenis pelatihan sesuai yang dibutuhkan di daerah masing-masing.
Seperti pelatihan keterampilan kejuruan otomotif, pengelasan, bangunan kayu dan batu, elektonik, komputer, teknologi informasi, menjahit, kerajinan tangan, pertanian, dan perkebunan. Selanjutnya, baru mengacu pada kebutuhan nasional dan internasional,” ujarnya.

Namun, harus diakui masih ada beberapa aspek yang harus dibenahi yaitu infrastruktur dan peralatan pelatihan, kuantitas dan kualitas instruktur, metode dan kurikulum pelatihan, serta manajemen pengelolaan BLK.

Mochklasin mangatakan, dengan adanya regulasi ini kita menargetkan melahirkan 10,000 tenaga kerja yang siap pakai pada era pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA), draft Ranperda ini telah disampaikan kepada gubernur sehingga pembahasannya sudah dapat dimulai pada tahun 2019.

” Prolegda 2019 sudah ditetapkan pada tahun ini , meski demikian 2019 akan kembali dbahas melalui mekanisme yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, ” katanya.

Nantinya, lanjut Mockhlasin , kita akan memperbaiki sejumlah BLK yang ada di Sumbar tidak hanya itu tenaga insrtuktur juga akan ditingkatkan agar para peserta pelatihan BLK sanggup bersaing dengan tenaga kerja asing yang akan banyak saat efektifnya MEA. (Salih)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kotak Suara Terbakar di Kantor Camat Koto XI Tarusan

SPIRITSUMBAR.com – Kotak suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir ...