Beranda - Headline - Binaan Rutan Sawahlunto Ciptakan Produk Bernilai Ekonomi

Binaan Rutan Sawahlunto Ciptakan Produk Bernilai Ekonomi

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Subhan Maliq Kepala Rumah Tahanan Kota Sawahlunto kepada humas mengatakan pihaknya menawarkan batako dan paving blok hasil karya warga binaan Rutan dengan harga miring.

“Batako Rp 2 ribu per blok, kita kasih di bawah harga pasar. Dan kita siap antarkan ke rumah-rumah masyarakat. Kualitasnya bagus, semennya banyak, kokoh, buktinya di paving blok ini tidak ada pasir yang terlepas” ujar Maliq.

Selain Paving blok, warga binaan Rutan Kota juga berkreasi mengisi keseharian dalam Rutan dengan membuat berbagai craft dari aneka bahan limbah daur ulang.

Berbagai karya tersebut dipamerkan dalam acara Job Fair di GPK dari tanggal 12 hingga 13 Desember 2018.

Craft yang dipamerkan dan siap dipasarkan diantaranya kreasi miniatur kapal layar, aneka kerajinan kertas koa, kerajinan dari stik es, batok kelapa, batubara dan aneka kerajinan lainnya.

Untuk pembinaan, Rutan Kota Sawahlunto juga memiliki usaha pencucian kendaraan roda 2 dan roda 4 yang siap melayani masyarakat umum. Usaha ini dikerjakan oleh warga binaan yang lulus penilaian beberapa aspek seperti kelakuan baik dan kerajinan.

Aneka karya warga binaan ini mendapat pujian dari Walikota yang sempat meninjau proses pengerjaannta oleh warga binaan. “Layak diprimosikan, karna tak hanya unik, tapi terlihat rapi dengan finishing yang baik sehingga sepintas tak terlihat dari bahan daur ulang” ujar Deri Asta.

Sementara Maliq Kepala Rutan mengatakan dari hasil penjualan berbagai karya ini, ia akan membuatkan akun rekening bagi warga binaan Sawahlunto yang mau bekerja dan berkarya, sehingga mereka memiliki modal usaha ketika kembali ke masyarakat.

Ia juga berharap dengan kegiatan ini menjadi jalan untuk bertaubat dan bisa berkarya ketika kembali ke masyarakat.

Saat ini di warga binaan Rutan kota berjumlah 105 orang dengan masa tahanan beragam yakni antara 5 bulan hingga 13 tahun tahun.(rni)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Komplek Kauman Padang Panjang

Thawalib Padang Panjang Rengkuh Kejayaan Masa Lalu

SPIRITSUMBAR.com – Menyusul “serbuan” pelamar pada 2018 lalu, Perguruan Thawalib Padangpanjang terus berinovasi memacu kebangkitan ...