Beranda - Berita Pilihan - Bikin Terobosan, Mendes PDTT RI Apresiasi Walikota Pariaman
Walikota Pariaman Genius Umar saat teleconfrence
Walikota Pariaman Genius Umar saat teleconfrence

Bikin Terobosan, Mendes PDTT RI Apresiasi Walikota Pariaman

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Pariaman – Berbagai apresiasi telah diterima oleh Walikota Pariaman. Kali ini dia mendapatkan penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Apresiasi diberikan atas terobosan yang dilakukan oleh Walikota Pariaman Genius Umar terhadap desa – desa yang ada di Kota Pariaman. Apresiasi tersebut diungkapkan Gus Menteri, sapaan akrabnya saat menggelar telekonferensi dengan pemerintah daerah dan desa di Ruang Kendali Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Senin (9/3/2020).

“Hari ini Kota Pariaman mendapat kesempatan bergabung pada telekonferensi yang dilaksanakan oleh Kementerian PDTT pada program Tanya Gus Menteri ini bertemakan Percepatan Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat. Telekonferensi terhubung bersama bersama 2 daerah, Kota Pariaman dan Kabupaten Majalengka,“ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota memaparkan bahwa arah pembangunan desa mulai bergeser kepada pemberdayaan masyarakat, terutama dengan mengembangkan Bumdes. Di Kota Pariaman, Bumdes dikembangkan lebih luas dan mengarah kepada desa wisata. Ini ditunjukkan oleh pengembangan Bumdes yang mampu mendorong desa yang kreatif dan mandiri.

“Dengan adanya dorongan dari Kementerian PDTT, Kota Pariaman telah melakukan percepatan pembangunan desa. Strategi kami adalah pembangunan desa ini selaras dengan kota sehingga RPJMD desa dan RPJMD Kota maju bersama. Kota Pariaman mempunyai 55 desa di Kota Pariaman dan semuanya berkembang dinamis, inovatif serta mempunyai wisata dengan ciri khas masing – masing mulai dari Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) sampai sepeda gantung dan balon udara dengan alam sekitarnya persawahan dan perbukitan, “ terangnya.

Ia menambahkan Kota Pariaman Tahun 2020 ini mempunyai kebijakan untuk merekrut pendamping desa berdikari yang dianggarkan oleh APBDes masing – masing. Ini akan bekerja sama dengan pendamping lainnya yang telah dibentuk sebelumnya oleh Kementerian PDTT demi kemajuan desa – desa di Kota Pariaman.

Telekonferensi bersama Kementerian PDTT Walikota Pariaman bersama Kementerian PDTT disaksikan juga oleh Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, kepala Dinas DMPD Kota Pariaman Efendi Jamal, Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman Hendri, Kepala Desa Kaluat Ali Amran dan Kepala Desa Tungkal Selatan Rahayadingrat, BPD serta para pendamping desa di Kota Pariaman diruang kerja Walikota Pariaman. (rel)

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Indra M Gandidi (kanan) terangkan cara kerja Lorong Nano Imun Booster kepada tim Sispala Reborn, Jumat 5/6 (foto: dok/sispalareborn)

SMA 2 Padang Hadapi New Normal, Dengan Nano Imun Booster Tunnel

Spiritsumbar.com, Padang – corona virus disease 2019 (Covid-19) atau virus corona telah memakan banyak korban. ...