Beranda - Berita Pilihan - Bermodal Rp300 Ribu Peroleh CSR Bank Indonesia
Pj. Bupati Tinjau keltan sarumpun baniah - David/Spirit Sumbar
Pj. Bupati Tinjau keltan sarumpun baniah - David/Spirit Sumbar

Bermodal Rp300 Ribu Peroleh CSR Bank Indonesia

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Kelompok Tani (Keltan) Sarumpun Baniah Jorong Pagu-pagu Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, berdiri Agustus 2010. Bermodalkan Rp300 ribu dengan usaha penanaman cabai, Keltan Serumpun Baniah dapat mencapai kondisi sekarang ini.

Hal tersebut disampaikan Ketua Keltan Serumpun Baniah Guswardi Dt. Rangkayo Marajo dihadapan Kepala Perwakilan BI Sumbar Puji Atmoko, Penjabat Bupati Tanah Datar Sudirman Gani, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumbar Fajarudin, Kepala SKPD dan Undangan lainnya di halaman sekretariat Keltan Serumpun Baniah, Kamis (14/1/2016).

Guswardi menambahkan pada tahun 2011 Keltan Serumpun Baniah sudah memperoleh bantuan. Dan tahun 2012 juga memperoleh bantuan dari Pemda Tanah Datar berupa satu unit penggilingan tebu. “Pada tahun ini Keltan memperoleh bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Indonesia berupa bahan baku senilai Rp150 juta. Dan mampu mengumpulkan bantuan dari Swadaya masyarakat sebesar Rp110 juta. Itu semua kita pergunakan untuk kemajuan Kelompok Tani ini, sehingga anggota Keltan dan masyarakat dapat meningkat taraf Ekonominya” terang Guswardi.

Sementara itu Kadis Perkebunan Provinsi Sumbar Fajarudin menyampaikan pertimbangan memilih Keltan Serumpun Baniah ini yang menerima bantuan CSR BI. “Keltan ini sudah sangat baik dan mampu untuk mengelola Keltan secara baik. Sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian para anggota Keltan dan masyarakat sekitar” ujar Fajarudin.

Ia menambahkan bahwa bantuan CSR BI ini hanya 3 daerah di Sumbar yang memperolehnya, yakni Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan Kabupaten Solok.

Pada kesempatan itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar Puji Atmiko menyampaikan bahwa Bank Indonesia setiap tahun mempunyai dan melaksanakana program CSR. “Program ini bertujuan untuk membantu industri kecil atau rumah tangga meningkatkan taraf ekonomi anggotanya. Sehingga bisa membantu meningkatkan taraf ekonomi para anggotanya” ujarnya.

Puji Atmiko menambahkan bahwa BI disamping mempunyai program bantuan modal dan peralatan, juga ada bantuan untuk pelatihan bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilannya.

Pada kegiatan itu juga, Pj. Bupati Tanah Datar Sudirman Gani dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan BI Sumbar yang memilih Keltan Serumpun Baniah memberi bantuan ini. Dia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus dan anggota Keltan yang telah bekerja dengan baik sehingga mampu menggugah BI untuk memberikan bantuan CSR ini.

“Jaga dan peliharalah semua bantuan yang diperoleh, kemudian tingkatkan hasil produksi sehingga dengan perekonomian anggota dan masyarakat sekitar akan meningkat pula” pesan Sudirman Gani. DAVID.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Serius Hadapi Pilgub Sumbar, Donny Moenek Siap Adu Konsep

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  RI, Reydonnyzar Moenek, sudah menjadi perbincangan ...