Beranda - Headline - Berhasil, Komisi Informasi Sumbar Kunjungi Tanah Datar
Bupati Tanah Datar menerima bingkisan dari KI Sumbar – foto: David/Spirit Sumbar
Bupati Tanah Datar menerima bingkisan dari KI Sumbar – foto: David/Spirit Sumbar

Berhasil, Komisi Informasi Sumbar Kunjungi Tanah Datar

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar -Komisi Informasi adalah sebuah lembaga yang lahir atas dasar Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Komisi Informasi mempunyai tugas dan fungsi sebagai lembaga yang akan mengawal keterbukaan informasi publik pada badan publik. Juga, sebagai lembaga yang menerima, memeriksa dan memutuskan permohonan. Apabila terjadi sangketa informasi publik melalui mediasi dan atau ajudikasi nonligitasi.

Hal ini disampaikan Sondri, S.Pd Komisioner Komisi Informasi Sumatera Barat (Sumbar) bidang Kelembagaan didampingi Adrian Tuswandi, SH Komisioner Bidang Penyelesaian Sangketa, Erita Rais dari Dinas Kominfo Sumatera Barat saat berkunjung ke Kabupaten Tanah Datar.

Rombongan diterima langsung Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Sekda Kabupaten Tanah Datar Hardiman, Kabag Humas Adriyanti Rustam, dan Yandra Aprila dari Dinas Hubkominfo Tanah Datar di ruang kerja Bupati, di Pagaruyung, Jum’at (4/3/2016).

Sondri juga menyampaikan bahwa kunjungan ke Kabupaten Tanah Datar salah satu alasannya adalah keberhasilan PPID Tanah Datar memperoleh peringkat kedua kategori keterbukaan informasi publik kategori Kabupaten/Kota se Sumatera Barat tahun 2015.

“Kami berkunjung dan bertemu langsung dengan Bupati bertujuan untuk menumbuhkembangkan perhatian kepala daerah tentang betapa pentingnya keterbukaan informasi publik ini” sampai Sondri.

Sondri menambahkan, sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang KIP, informasi pada badan publik harus transparan dan dipublikasikan ke publik atau masyarakat sehingga masyarakat bisa mengawasi, mengawal dan bahkan ikut berperan aktif dalam pembangunan.

“Pada Pemerintah Daerah bisa dikatakan tidak ada informasi yang tidak bisa dipublikasikan ke masyarakat umum, hanya informasi pribadi dan mengancam persaingan usaha tidak sehat saja yang bisa dikategorikan sebagai informasi yang dikecualikan” terang Sondri.

Menanggapi yang disampaikan komisioner KI Sumbar, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaannya mengunjungi Kabupaten Tanah Datar. “Prestasi yang telah diraih PPID Tanah Datar tahun 2015 kita harapkan meningkat tahun ini, namun yang utama adalah bagaimana aplikasi dan pelaksanaannya sehingga apa yang diharapkan UU No. 14 ini dapat diwujudkan, terutama ketebukaan informasi ini sampai ke masyarakat di tingkat bawah sekalipun” harap Irdinansyah.

Irdinansyah menambahkan bahwa untuk menunjang Keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah Daerah melalui PPID akan memanfaatkan berbagai sarana dan fasilitas yang ada. “Website Pemda Tanah Datar dan Website PPID Tanah Datar akan dimaksimalkan, kemudian kita juga akan memanfaatkan radio Pemda dan akan menyebar leaflet serta sarana lainnya” terang Irdinansyah.

Senada dengan yang disampaikan Bupati, Sekda Tanah Datar Hardiman menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar sangat konsen dan serius dalam keterbukaan informasi publik.

“Pemda Tanah Datar bahkan sudah memulai keterbukaan informasi publik ini jauh sebelum UU No. 14 Tahun 2008 ini lahir, tepatnya tahun 1995 Pemda Tanah Datar menjadi pilot project dalam otonomi daerah, kemudian pada tahun 1999 juga menjadi pilot project program P2TPD dimana salah satu point utamanya adalah transparansi anggaran dan keterbukaan informasi publik” terang Hardiman.

Diakhir kunjungannya Komisioner KI Sumbar menyerahkan buah tangan berupa plakat dan buku tentang Keterbukaan Informasi Publik kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi.

DAVID

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Jelang Hadapi PSS Sleman, Pelatih Semen Padang FC Tambah Amunisi

SPIRITSUMBAR.com – Semen Padang FC bakal menghadapi tuan rumah PSS Sleman dalam laga kedua, Liga ...