Beranda - Headline - Benhardi Olah Jeruk Nipis, Hasilkan Omset Ratusan Juta
Jeruk Nipis (foto jitunews)
Jeruk Nipis (foto jitunews)

Benhardi Olah Jeruk Nipis, Hasilkan Omset Ratusan Juta

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com | Sawahlunto – M. Benhardi pengusaha industri minuman jeruk nipis asal Kuningan Jawa Barat yang diundang Pemko menjadi narasumber sosialisasi industri pengolahan jeruk nipis. Kegiatan dihadiri oleh petani jeruk nipis, pelaku UKM serta Kepala Desa se-Kota Sawahlunto.
Artikel Lainnya

loading…


Menurutnya, kunci  membangun usaha  yang terpenting adalah tekad yang kuat dan  memiliki  jiwa usaha.

Memotivasi masyarakat Sawahlunto, ia mengaku “Jenisa” label usaha minuman instan jeruk nipis peras yang dibangunnya, tidak akan bisa berkembang jika ia mudah menyerah. Karena banyak tantangan yang dihadapi  untuk membesarkan usaha yang mulai dirintisnya sejak tahun 2004.

Benhardi mengungkapkan bahwa di tahun-tahun awal mengembangkan pasar produksinya tidaklah mudah. “Saat ini sudah mencapai 400-500 Dus/hari sementara di tahun 2006 saya hanya bisa memasarkan 5 Dus per 3 Minggu” ungkap Benhardi yang  mengaku memulai usaha dengan modal sebesar 3 juta-an dan berproduksi dengan alat-alat dapur sederhana.

Sulitnya pemasaran tidak mematahkan semangatnya untuk terus menggeluti usaha ini. Ia terus berfikir  apa kekurangan dari produknya dan mencari ilmu untuk berinovasi  menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik.

“Saya tidak putus asa tetapi saya  berfikir bahwa saya harus mengevaluasi mutu, baik itu dari rasa,  kemasan, pemasaran dan lain sebagainya” ujar pria yang pernah mendapat award sebagai pelaku UKM Terbaik  di Provinsi Jawa Barat di tahun 2007.

Benhardi mengaku dari usaha minuman jeruk nipis peras  yang dibangunnya, saat ini  ia bisa memberi lapangan pekerjaan bagi 22 orang tenaga kerja dan meraup omset 600 juta rupiah perbulan. Dengan pemasaran yang semakin meluas hingga merambah 60 Kabupaten/Kota, ia juga kerap mendapat kesempatan  mempromosikan produk mewakili  UKM Indonesia pada pameran usaha  internasional.

“Yakinlah, usaha kuliner itu nggak akan ada matinya” ujar pengusaha kelahiran 9 Januari 1964 yang telah mengikuti pameran internasional di 9 negara.(erni)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kalteng Putra vs Semen Padang FC

Semen Padang FC Menang Besar

SpiritSumbar.com, Banjarmasin – Semen Padang FC mengganas di laga pekan ke-31 Liga 1 2019 di ...