Beranda - Headline - Banjir Bandang Lintau Buo, Empat Tewas Belasan Luka Luka
Upaya penyelamatan korban banjir, Kamis (11/10/2018)
Upaya penyelamatan korban banjir, Kamis (11/10/2018)

Banjir Bandang Lintau Buo, Empat Tewas Belasan Luka Luka

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com – Banjir Bandang Jorong Piubuah Nagari Tanjung Bonai dan Longsor Kalo-kalo Jorong Mawar Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara Kamis (11/10/2018) pukul 18.30 WIB menyisakan duka mendalam.

Data Posko Bencana Banjir Bandang di Mapolsek Lintau Buo Utara diinformasikan, longsor terjadi di Kalo-kalo Jorong Mawar Nagari Lubuak Jantan sempat menimbun 2 warga setempat, namun berhasil diselamatkan dan sekarang dirawat di Puskesmas Lintau Buo 1.

Baca : Subhanallah, Ternyata Baca Alquran Miliki Manfaat Luar Biasa

Di Lubuak Jantan juga akibatkan satu unit rumah warga rusak berat, menghanyutkan ternak warga dan merusak areal sawah dan ladang. Sampai saat ini, belum terdata jumlah sawah yang mengalami kerusakan tersebut.

Sementara itu, banjir bandang Tanjung Bonai, setidaknya menewaskan 4 orang, dimana 3 orang korban terdiri dari ibu dan dua anak serta seorang pengendara yang diketahui berprofesi sebagai tukang ojek 6 orang warga dirawat di puskesmas Lintau Buo Utara, dan satu orang dirawat di RSUD Hanafiah Batusangkar.

Korban tewas menimpa ibu dan 2 orang anaknya, Rani (ibu) 30 th, Moch Steve Efendi (anak) 10 th, Aris (anak) 2,5 th dan Yusrizal Buyung (pengendara Ojek) 45 th. Sementara Korban selamat dan dirawat di RSUD Hanafiah dan Puskesmas H. Firdaus (65 th), Ermalius (50 th), Hendrita (46 th), Nurzahwani (8 th), Suyati (45 th) dan Rizki (17 th).

Baca : Ingin Terbebas dari Sakit, Saatnya Konsumsi Habbatussauda

Kepala BPBD Tanah Datar Thamrin mengatakan, saat ini akan dibuka dapur umum dan posko pengaduan di kenagarian Tanjung Bonai sebagai kawasan terdampak bencana banjir bandang. “Korban selamat telah dievakuasi, sementara 6 bangunan hunian, kedai dan rice milling mengalami kerusakan berat dilanda banjir dan longsor,” sampainya.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat meninjau lokasi bencana Jum’at (12/10/2018) menyampaikan ucapan duka kepada keluarga korban musibah. “Saya pribadi dan Pemerintah Daerah menyampaikan rasa duka mendalam kepada masyarakat kita yang ditimla musibah ini, dan yang terdampak sebaiknya diungsikan, karena hujan masih mengguyur,” ujarnya.

Baca : Beredar Pesan Gempa Besar Bakal Terjadi di Jatim

Irdinansyah menambahkan, pemerintah memberikan bantuan kepada korban berupa santunan spontan berupa santunan duka, biaya perawatan di rumah sakit dan puskesmas digratiskan, selanjutnya akan dilakukan pendataan secara detail untuk pemberian bantuan lanjutan. “Melihat kondisi cuaca dan iklim yang cukup ekstrim melanda daerah kita, dihimbau masyarakat untuk waspada menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi,” himbaunya. (Dvd)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

ilustrasi (inilah.com)

Pingin Punyak Anak, Lakukan Dua Amalan Ini

SPIRITSUMBAR.com – Memiliki momongan tentu merupakan dambaan setiap pasangan suami istri. Kehadiran buah hati membuat ...