Kamis , 19 September 2019
Beranda - Info Terkini - Arcandra Tahar Belia Muda Belum Punya Nama
Arcandra Tahar (foto - aktualita.co)
Arcandra Tahar (foto - aktualita.co)

Arcandra Tahar Belia Muda Belum Punya Nama

Print Friendly, PDF & Email

iklan Bendera marawa okSpirit Sumbar – Dipilihnya Dr. Archandra Tahar sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Sudirman Said diluar prediksi banyak orang.

Sebagaimana ditulis Nofie Sastra di Akun Facebooknya, Pria 45 tahun ini,  anak Perupuk Tabing, Kota Padang yang juga alumni SMP 13 Tabing dan SMA 2 Padang serta alumni ITB Bandung .

Niken Satyawati dalam tulisannya di kompasiana menejelaskan,  Doktor lulusan Amerika ini masih menjabat Presiden di Petroneering, Houston di Texas. Perusahaan ini bergerak di bidang energi dan minyak. Sebelumnya Archandra pernah menduduki jabatan Principal Horton Wison Deepwater Inc sejak Oktober 2009 hingga Oktober 2013.

Archandra menyelesaikan S1 di Teknik Mesin ITB  tamat tahun 1994 dan kemudian bekerja di Andersen Consulting demi memiliki usaha agar dapat melanjutkan kualiahnya ke jenjang S2 di Amerika. Kuliah S2 di Texas A&M University, Amerika diselesaikan dengan baik hingga kembali ke Indonesia dan berniat membenahi PT Timah. Namun, niatnya ditertawakan karena waktu itu kondisi PT Timah memang sudah sekarat.

Akhirnya Archandra malah melanjutkan S3 di Amerika. Sejak saat itulah dia melanglang buana di Negeri Paman Sam dan menjadi konsultan di berbagai perusahaan internasional. Meski tinggal di Amerika, kepeduliannya atas tanah kelahirannya sangat tinggi. Dia menyumbangkan tenaga dan pikirannya dalam forum-forum yang membutuhkan keberadaannya.

Archandra juga merupakan sosok di balik negosiasi dan keberhasilan Presiden Joko Widodo menarik kembali Blok Masela agar dikuasai Indonesia, dengan memutuskan eksplorasi harus dilakukan onshore bukan offshore. Archandra yang dikaruniai dua anak ini adalah pemilik hak paten tentang desain offshore di Amerika.

Setelah dilantik, Archandra akan kerja keras dan cepat melaksanakan keputusan Presiden tentang Blok Masela yang kabarnya sejak diputuskan onshore belum ada kemajuan. Dia harus mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan segera mengambil tindakan nyata. Archandra juga punya tugas berat merenegosiasi kontrak-kontrak kerja di bidang ESDM di masa lalu yang banyak merugikan bangsa Indonesia.

Pendidikan :

SMP 13 Padang

SMA 2 Padang

ITB Teknik Mesin : 1989 -1994

Texas A&M University Ocean Engineering : 1996 – 1998

Texas A& M Univeristy Ocean Engineering (Doctor of Philosophy) : 1998 – 2001

Riwayat Pekerjaan

Presiden Petroneering : 2013-2016

Principal Horton Wison Deepwater : 2009 – 2013

Principal dan Presiden Asia Pasific AGR Deepwater Development System : 2007-2009

Hydronynamics Lead FloaTec LLC 2006 – 2007

Peneliti Technip Offshore : 2001 – 2006

Asisten Peneliti Offshore Technology Research Center : 1997 – 2001

Technical Advisor Noble Denton : 2000

Selanjutnya: Asman Abnur, Dari Pedagang Emas ke Menpan

Sebelumnya   [ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]    [ 4 ]  Selanjutnya

Spirit Sumbar
Spirit Sumbar

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Perkuat Kewenangan DPD RI Dengan Politik Hukum

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Kewenangan DPD RI dalam sistem ketatanegaraan Indonesia dapat diperkuat dengan politik hukum, ...