Beranda - Headline - APBD Terbatas, Wagub Sumbar Minta Masyarakat Buka Diri
Nasrul Abit
Nasrul Abit

APBD Terbatas, Wagub Sumbar Minta Masyarakat Buka Diri

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar –  Terbatasnya dana APBD membuat daerah mesti mengandalkan investasi untuk bisa membiayai pembangunan dan memajukan daerah. Hal ini disampaikan Wagub Sumbar, Nasrul Abit, di Masjid Al Wustha, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, pada rangkaian acara safari Ramadhan pemprov Sumbar.

Wagub menyampaikan agar masyarakat di daerah mau membuka diri bagi masuknya investasi, yang diharapkan dapat menggerakkan perekonomian serta membuka lapangan kerja. Adanya keluhan investor tentang sulitnya pembebasan lahan di Sumbar, kadang membuat para investor enggan datang ke Sumbar, sementara daerah ini terus ditantang untuk terus melakukan percepata dari berbagai sisi termasuk pembangunan infrastruktur.

Menyikapi persoalan penolakan pembangunan geothermal di Solok, Wagub menekankan bahwa apa apa yang dikhawatirkan oleh masyarakat itu tidak benar. Wagub mengatakan bahwa ketika dirinya bertemu dengan Wakil Menteri ESDM yang juga orang Minang, Archandra Tahar, Wakil Menteri tersebut menjelaskan bahwa isu mengenai geothermal yang tidak ramah lingkungan sama sekali tidak benar. Beliau juga menambahkan bahwa energi panas bumi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.



Pada kesempatan ini Wagub juga menghimbau agar masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh pihak pihak yang tidak ingin daerahnya maju. Apabila ada kekhawatiran dari masyarakat maka hal itu dapat dibicarakan secara baik dengan pemerintah maupun juga peneliti.

Lebih jauh, Wagub juga menyampaikan agar pengelolaan sektor pariwisata di Sumbar dapat dilakukan secara profesional, karena hal ini dapat meningkatkan kunjungan serta pengunjung dapat memahami bahwa wisata Sumbar itu berbudaya, religius dan memakai adat ketimuran. Wagub pun menghimbau agar jajaran pemerintah daerah termasuk pemkab Solok terus berbenah dengan menambah berbagai fasilitasi di lokasi wisata diantaranya kamar mandi yang bersih, mushalla, tempat tempat makanan halal, serta rest area.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Solok, Gusmal, yang mendampingi kunjungan Wagub ini mengatakan semua pihak perlu merakit kebersamaan dalam mendukung pembangunan. Bupati Solok juga menambahkan pembangunan pariwisata ‘Bukit Cambai’ di Solok masih memerlukan penambahan sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Pada safari Ramadhan ini, Wagub Sumbar didampingi Bupati Solok, juga menyerahkan bantuan untuk Masjid Al Wustha, dan usai pelaksanaan shalat tarwih berjamaah, kegiatan berakhir dengan aman dan lancar.



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Babinsa Dharmasraya Bakti Sosial Ramadhan

SPIRITSUMBAR.com – Sekitar 100 unit sepada motor anggota Babinsa kodim 0310/SSD membawa rasel sembako melakukan ...