Beranda - Covid19 - Antisipasi Penularan, Kontak Dengan Positif Covid-19 Jalani Rapid Test
Rapat koordinasi dipimpin Sekda Irwandi di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Pagaruyung (foto David - Spirit Sumbar)

Antisipasi Penularan, Kontak Dengan Positif Covid-19 Jalani Rapid Test

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Tanah Datar – Selepas ditetapkannya seorang warganya positif terpapar Covid-19, dibutuhkan aksi cepat dan tanggap dari seluruh elemen terkait agar wabah ini tidak semakin menyebar lagi.

Hal ini diungkapkan Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis saat rapat koordinasi dipimpin Sekda Irwandi dan hadiri Staf Ahli Bupati Nuryeddisman, Kalaksa BPBD Thamrin, Kadis Kominfo Abrar dan kepala OPD, Kabag, Kabid dan lainnya, di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid 19 di Pagaruyung, Sabtu (28/3/2020) .

Kadis Yesrita menyampaikan, pasien yang dinyatakan positif Covid 19 terjangkit pada 19 Maret 2020 lalu dan saat ini telah dilakukan perawatan dan isolasi di RSUD Ahmad Muchtar Bukittinggi.


Artikel Lainnya

loading…


“Pasien dinyatakan positif pada 26 Maret lalu dan setelah ditetapkan prosedur penanganan, kita langsung mendata siapa saja yang melakukan kontak erat dengan pasien terutama pada 18 dan 19 Maret lalu. diperoleh data ada 88 orang yang meliputi rekan kerja, petugas kesehatan sampai petugas transportasi yang mengantarkan pasien ke RSUD Ahmad Muchtar,” ujar Yesrita.

Dan kepada 88 kontak erat itu, tambah Yesrita, Jum’at malam tadi kita lakukan uji cepat (Rapid test). “Malam tadi kita telah lakukan rapid test terhadap 36 orang kontak erat dengan pasien Covid-19 dan hasilnya masih belum ada yang dinyatakan positif terpapar. Selanjutnya pagi ini, tim melanjutkan mengunjungi 52 orang lagi untuk dilakukan test,” tukas Yesrita.

Sementara itu Sekda Irwandi menyampaikan agar masyarakat Tanah Datar tidak panik. “Atas ditetapkan salah seorang warga kita positif Covid-19, diharapkan masyarakat tidak takut dan panik, namun tentu harus meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan imunitas dan kebersihan di keluarga, serta langkah lain yang dianjurkan agar penyebaran virus ini terhenti,” sampainya.

Menyangkut orang yang telah lakukan kontak erat dengan pasien yang positif, Sekda Irwandi mengapresiasi langkah tim untuk lakukan rapid test. “Saat ini masih diputuskan orang kontak erat untuk diisolasi secara mandiri di rumah masing-masing, namun tidak menutup kemungkinan akan diisolasi di tempat terpusat, saat ini kita dalam tahap penyiapan tempat yang mungkin digunakan seperti AK Komunitas di Lintau, Islamic Center di Pagaruyung, sampai Balai Diklat Kemendagri di Baso Agam,” kata Irwandi.

Sementara Jubir Covid-19 Roza Mardiah menyampaikan data terbaru pukul 13.00 WIB, jumlah ODP 146 orang, PDP 3 orang, positif Corona 1 orang dan meninggal nihil. (David)



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

234 SC Regwil Pasbar, Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Spiritsumbar.com, Pasaman Barat – Sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia, dalam setiap kesempatan harus mampu ...