Senin , 23 September 2019
Beranda - Berita Pilihan - Anggota DPRD Sumbar Minta PPIH Serius Tangani Haji
Pelepasan Anggota DPRD Sumbar yang naik haji tahun 2018 lalu
Pelepasan Anggota DPRD Sumbar yang naik haji tahun 2018 lalu

Anggota DPRD Sumbar Minta PPIH Serius Tangani Haji

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) harus memperhatikan masalah kesehatan Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat. Lantaran, menunaikan ibadah haji, menuntut fisik yang kuat agar dapat maksimal menjalankan ibadah, tahapan demi tahapan.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Amora Lubis pada pers terkait pelaksanaan ibadah haji 2019, di Gedung DPRD Sumbar, Rabu, (26/6/2019)

Amora Lubis menambahkan pelayanan calon jamaah haji di embarkasi Padang ditingkatkan. PPIH ujarnya, agar memperkuat sistem pemeriksaan kesehatan untuk menghindari pembatalan keberangkatan CJH karena alasan kesehatan.



“Kami meminta PPIH di embarkasi Padang meningkatkan pelayanan kepada CJH, terutama untuk sistem pemeriksaan kesehatan,”ujarnya.
Artikel Lainnya

loading…


Belajar dari pengalaman, Amora meminta peningkatan sistem pemeriksaan kesehatan CJH ini dilakukan mulai dari daerah asal. Jangan sampai ada CJH yang batal berangkat setelah sampai di embarkasi karena tidak lolos pemeriksaan kesehatan, sedangkan di daerah asalnya bisa lolos.

“Sistem pemeriksaan kesehatan ini hendaknya diperkuat melalui kordinasi dengan daerah asal CJH. Sehingga tidak ada lagi CJH yang batal berangkat, karena tidak lolos kesehatan di embarkasi. Padahal dari daerah asal dinyatakan sehat,” ujarnya.

Selain itu, Amora juga mengingatkan agar PPIH memperhatikan masalah konsumsi. Mulai dari menu makanan, sampai kepada ruang makan, hendaknya menjadi perhatian.

Embarkasi Padang akan memberangkatkan CJH mulai tanggal 7 Juli 2019. Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Hendri, yang akan berangkat dari embarkasi Padang adalah sebanyak 6.908 CJH.



Jamaah tersebut antara lain berasal dari Sumatera Barat sebanyak 5.005 orang dan dari Bengkulu sebanyak 1.940 orang. Jamaah akan dibagi dalam 18 kelompok terbang (kloter) diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Jamaah asal Sumatera Barat terbagi dalam 13 kloter dan jamaah asal Bengkulu sebanyak 5 kloter. (Salih)

Tonton Video Presiden Rusia Resmikan Masjid Bernuansa Surga diiringi Bacaan Surat Ar Rahman

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kapolda Sumbar Terima Rekor MURI

Fakhrizal: Pelestarian Budaya Minang Harus Berkesinambungan SPIRITSUMBAR, com, Solok Selatan – Ribuan penari piring mileneal ...