Beranda - Headline - Anggota DPRD Padang : Ayo Ramaikan Masjid
Para generasi muda saat mengikuti Tabligh Akbar di Masjid Al Quwait
Para generasi muda saat mengikuti Tabligh Akbar di Masjid Al Quwait

Anggota DPRD Padang : Ayo Ramaikan Masjid

Print Friendly

Spiritsumbar.com, Padang – Tabligh Akbar yang digagas pengurus Masjid Al Quwait, Kelurahan Banuaran, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (27/1/2018) malam sangat berkesan bagi jamaah. Selain dihadiri oleh pengurus masjid dan Majelis Taklim se Banuaran juga dilakukan dua kali tausiyah.

Tausiyah pertama disampaikan Walikota Padang, H. Mahyeldi dengan tema pentingnya pemantapan aqidah bagi generasi muda. Tausiyah dimulai pukul 19.00 wib Ba’da (sesudah) Maghrib dan berakhir pukul 20.30 wib. Pada kesempatan itu, Mahyeldi juga bertindak sebagai Imam Shalat Isya.

Ratusan jamaah, termasuk generasi muda serius mendengarkan tausiyah walikota. Untuk memotivasi para generasi muda, walikota menggunakan jurus ampuhnya dengan memberi hadiah pada generasi muda yang mampu menjawab pertanyaan tentang isi tausiyah. Jika dapat menjawab, sebuah Al Qur’an dan terjemahan berbahasa Minangkabau siap untuk dibawa pulang.

Berikutnya, giliran Camat Lubuk Begalung, Rosail Akhyari yang memberikan tausiyah. Camat yang juga seorang Mubaligh ini memberikan tausiyah Ba’da Isya dengan tema pentingnya memakmurkan masjid. Tausiyah yang disampaikan Rosail juga membuat jamaah jadi terpaku. Malahan, dalam tausiyah, Rosail memberikan motivasi pada orang tua agar mendorong anaknya ikut Tahfidz Qur’an. Tidak sekedar dorongan, namun juga menjanjikan hadiah besar bagi anak yang mampu menamatkan beberapa juz Al Qur’an.

“Bagi yang hafal 10 juz dalam usia 15 tahun, maka akan diberi hadiah 25 gram mas,” ujarnya.

Suatu hal yang menarik, usai Rosail Akhyari menyelesaikan tausiyah, jamaah juga kedatangan Calon Wakil Walikota Padang, Hendri Septa. Calon Wakil Walikota yang berpasangan dengan Mahyeldi ini, juga memberikan motivasi pada salah seorang generasi muda yang tampil dalam pidato singkat.

Malahan, dia, berharap pengurus masjid untuk menggagas lomba pidato mubaligh cilik. Dia berjanji akan mendukung secara penuh.

Ketua Masjid Al Quwait, Saribulih mengatakan kehadiran Hendri Septa untuk mengantarkan tenda dan kursi bagi kongsi kematian Masjid Al Quwait.

“Beberapa hari lalu, saya minta bantuan tenda dan kursi pada Anggota DPR RI, Bapak H.M. Asli Chaidir melalui Ketua DPD PAN Padang, Bapak Hendri Septa. Alhamdulillah, beliau mengabulkan dan mengantarkanya pada malam ini,” ujar Saribulih yang juga Ketua RT 04 RW 11 Kelurahan Banuaran ini.

Anggota DPRD Padang, Masrul mengapresiasi langkah yang dilakukan pengurus Masjid Al Quwait. Ini ujarnya, salah satu upaya untuk mengembalikan jati diri Mnangkabau. “Ini salah satu upaya mengembalikan jati diri Ranah Minang yang berfilosofi Adat basandi Syarak, Syarak basandi Kitabullah. Saatnya ramaikan masjid dengan membangkik batang tarandam kembali ke surau,” ujarnya  (Zetri)

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemain Semen Padang FC saat tour ke Pasaman Barat (foto MO SPFC)

Kalah dari Semen Padang FC, Ini Kata Sekda Pasbar

Spiritsumbar.com, Padang Tujuah – Tim Semen Padang kembali berhasil meraih hasil positif dalam tour Sumbar, di ...