Beranda - Pendidikan - Artikel - Anak TK Harus Bagaimana

Anak TK Harus Bagaimana

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Kebanyakan tujuan orang tua memasukkan anaknya ke Taman Kanak – kanak ( TK ) adalah agar anaknya bisa membaca, berhitung, menulis bahkan kalau bisa berbahasa Inggris sebelum memasuki jenjang Sekolah Dasar (SD).

Disisi lain, kurikulum yang dipakai belum menghendakinya sejauh itu. Hal ini mungkin disebabkan karena masih minimnya pengetahuan orang tua tentang konsep pembelajaran di TK. Akibat kurangnya pemahaman orang tua tentang pembelajaran di TK.

Ada orang tua yang menganggap pembelajaran yang diberikan oleh guru di TK tidak sesuai dengan perkembangan zaman di abad 21 dan cenderung itu ke itu saja atau monoton. Tidak bisa pula kita salahkan, karena itu yang terlihat oleh matanya setiap hari sewaktu mendampingi anaknya belajar.

Sebenarnya, apabila orang tua memahami, pembelajaran di TK penekanannya lebih pada penerapan karakter, sikap, perilaku dan akhlak yang mulia. Diharapkan nanti pada jenjang pendidikan selanjutnya anak lebih siap untuk belajar dengan didasari akhlak dan moral yang baik.

Setiap orang tua selalu mempunyai harapan agar anaknya mendapatkan ilmu dari gurunya berupa kemampuan membaca, menulis, berhitung dengan lancar. Termasuk juga harapan agar anaknya bisa menjadi anak yang ceria dan bisa bergaul dengan memiliki banyak teman.

Ketika apa yang dinginkan oleh orang tua tidak terealisasi seperti yang diharapkan diatas tadi, gurulah yang selalu disalahkan, padahal guru telah memberi penjelasan bahwa membaca, menulis dan berhitung itu belum saatnya untuk anak usia dini, namun banyak dari mereka tetap tidak mau mengerti dan tetap menuntut agar anaknya bisa membaca, menulis dan berhitung.

Dari fenomena ini dan kenyataannya dalam keseharian, masih ada orang tua yang salah dalam menafsirkan tentang konsep pembelajaran di TK. Orang tua siswa hanya melihat bahwa pembelajaran di TK hanya bermain-main, bersorak-sorak dan bernyanyi.

Apabila kita pahami, sebenarnya itu adalah kemasannya saja dalam bentuk permainan dan nyanyian. Apabila kita simak dan perhatikan lebih dalam, akan terlihat pengembangan dan pembiasaan nilai-nilai karakter, seperti kerjasama, tanggung jawab, disiplin, dan lain sebagainya terhadap anak.

Selanjutnya :

  1. Pendidikan TK,  Ini Yang Harus Dipahami Orang Tua
  2. Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan TK

 

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kepala Sekolah Dalam SPMI

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar) Kepala sekolah merupakan pemegang kunci kesuksesan dalam sebuah ...