Senin , 16 September 2019
Beranda - Pariwisata - Budaya - Alek Nagari dan Ziarah Rumah Gadang yang Tak Lekang Waktu

Alek Nagari dan Ziarah Rumah Gadang yang Tak Lekang Waktu

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Alek Nagari dan Ziarah Rumah Gadang menjadi tradisi yang terus bertahan di Nagari Tebing Tinggi Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasra Sumatera Barat.

Sebagai wadah untuk membangun silaturahim, terutama dalam momen merayakan Hari Raya Idul Fitri. Bahkan, di Nagari Tebing Tinggi momen ini menjadi bagian dari acara Alek Nagari yang digelar saban tahun oleh masyarakat setempat.

Beragam agenda yang mengusung adat serta seni dan budaya daerah terangkai dalam acara Alek Nagari ini.pada hari Selasa (2/7/2019)



Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan yang turut hadir dalam acara Alek Nagari Tebing Tinggi, mengaku sangat mengapresiasi tradisi yang masih dipelihara oleh masyarakat setempat.

loading…


Menurut wabup, selain dapat memupuk silaturahim, kegiatan ini juga menunjukkan besarnya upaya masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai adat dan budaya yang ada.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga kelestarian tradisi, adat dan budaya daerah kita ini. Apalagi di tengah perkembangan zaman dan teknologi yang tidak dapat dibendung saat ini, adat dan budaya kita jangan sampai hilang terkikis hendaknya,” ujar wabup.


Pada kesempatan itu, wabup juga mengajak masyarakat untuk senantiasa memperkuat kebersamaan dan silaturahim antar sesama warga.

“Mari saling bahu membahu, bergandengan tangan mendukung pelaksanaan pembangunan di nagari,” ajak wabup.

Adapun, Ziarah Rumah Gadang ini juga diisi dengan acara makan bajamba oleh segenap undangan yang hadir.(Eko)

Tonton Video Lagu Padang di Jalanan Sunda

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PKKS, Siapa Takut

SPIRITSUMBAR.com, Padang Panjang – Menindaklanjuti dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 tahun 2018 ...