Beranda - Berita Pilihan - AKBP Bayuaji Yudha Prajas Didaulat Jadi Kapolres Peduli Anak
Komnas Perlindungan Anak menyerahkan penghargaan pada Kapolres Tanah Datar

AKBP Bayuaji Yudha Prajas Didaulat Jadi Kapolres Peduli Anak

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Anak merupakan aset yang berharga bagi masa depan bangsa, mereka sebagai tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa yang harus diasuh, dilindungi, dan dididik dengan baik.

Ini disampaikan Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas dihadapan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Ketua DPRD Anton Yondra, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S Harahap, Forkopimda, Kadis Sosial Yuhardi,  jajaran Polres Tanah Datar dan undangan lainnya, Kamis (27/9/2018) di Mako Polres Tanah Datar dalam rangka Sosialisasi 10 Hak Anak.

Kapolres Bayuaji menambahkan, Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Guna mendukung perlindungan dan pemenuhan hak anak, Polres Tanah Datar telah meluncurkan program yang berkaitan langsung dengan generasi muda kita, seperti penyediaan bus antar sekolah setiap pagi dan dilaunching 3 Mei 2017 lalu, kemudian ada Polisi Cilik libatkan siswa SD di kota Batusangkar bertujuan memberikan motivasi siswa dan orang tua lebih sadar berlalulintas, TK/PAUD Bhayangkari serta SLB untuk fasilitasi anak berkebutuhan khusus yang berada di Lintau, serta ada siswa Polisi Keamanan Sekolah (PKS) di tingkat SLTP dan SLTA” papar Bayuaji.

Atas prakarsa program kegiatan keberpihakannya terhadap anak sebagai generasi penerus bangsa AKBP Bayuaji Yudha Prajas dianugerahi sebagai Kapolres Peduli Anak oleh Komnas PA dan menjadi nominasi lainnya di tingkat Nasional.

Menanggapi prestasi itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi serta kebanggaannya. “Atas nama Pemerintah Daerah, Saya sampaikan selamat atas prestasi ini, dan memang pantas Pak Kapolres memperolehnya karena memang banyak program kegiatan yang dilaksanakan untuk melindungi dan mengayomi masyarakat Tanah Datar, terutama generasi muda,” sampainya.

“Berkat berbagai inovasi itu juga mampu memberikan dampak nyata  pemerintah Kabupaten Tanah Datar mampu memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak tingkatan Madya,” sampai Irdinansyah.

Dimana, ujar Bupati, ada lima tingkatan kriteria Kota/Kabupaten Layak Anak (KLA) yakni, tingkat terbawah disebut KLA Pratama, dilanjutkan KLA Muda, KLA Madya, KLA Nindya dan tertinggi KLA Utama.  “Atas prestasi Tanah Datar ini, ke depan mari kita bersama dan terus menerus ciptakan kondisi kondusif, aman dan tenteram terutama bagi anak-anak kita,” pesan Irdinansyah.

Selepas itu, Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait memaparkan ada 10 Hak Anak yang wajib dipenuhi orang tua. “Sepuluh hak anak itu adalah hak untuk bermain, mendapatkan pendidikan, perlindungan, nama atau identitas, status kebangsaan, makanan, akses kesehatan, rekreasi, kesamaan dan bisa berperan dalam pembangunan,” sampai Arist.

“Ketika hak-hak anak ini telah terpenuhi, orangtua hendaknya juga mengajarkan kewajiban anak menghormati orangtua, guru, orang lain, dan juga bangsa dan negara, sehingga tercipta anak tangguh sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa serta sebagai sumber daya manusia di masa depan merupakan modal bangsa bagi pembangunan yang berkesinambungan,” sampainya.

Dalam acara itu juga ada penampilan Pocil Polres Tanah Datar, Tari Siswa TK/PAUD Bhayangkari yang mampu memukau undangan yang hadir. (dvd)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...