Beranda - Info Terkini - Ajaib, Mushalla Pasar Atas Bukittinggi Tak Tersentuh Kobaran Api
Kebakaran Pasar Bukittinggi
Kebakaran Pasar Bukittinggi

Ajaib, Mushalla Pasar Atas Bukittinggi Tak Tersentuh Kobaran Api

Print Friendly

Spiritsumbar.com, Bukittinggi – Pasar Atas Bukittinggi yang terbakar, Senin (30/10/2017) pagi, terdiri dari 800 unit toko. Sebanyak 600 unit toko ludes dimamah si jago merah. Sebanyak 100 unit lagi selamat dan sisanya 100 unit lagi merupakan toko dalam keadaan kosong.
Artikel Lainnya

loading…


Yang fenomenal dari kejadian kebakaran kali ini, satu unit mushalla yang ada di lantai II komplek pertokoan itu tak dimamah api. Mushalla itu seperti tak tersentuh si jago merah yang dengan mengganas melahap komplek pertokoan yang ada di sekelilingnya, sejak pukul 05.30 WIB.

Data yang dihimpun, Pasar Atas yang berlokasi di Kelurahan Benteng Pasar Atas, kecamatan Guguk Panjang ini terdiri dari Blok A1, A2, A 3/B1, B2, B3/C1, C2, C3.

“Kebakaran ini diperkirakan berasal dari blok c, Toko Taylor/tukang jahit baju,” ungkap Ketua Ronda Pasar Atas, Edi (38).

Dikatakan Edi, pada pukul 05.30 WIB, rombongan peronda yang terdiri dari 6 orang, melihat api di Blok C lantai dua Pasar Atas sudah besar. Mereka langsung melaporkan kejadian tersebut ke petugas pemadam kebakaran melalui via telepon.

“Pada pukul 05.40 WIB, pemadam kebakaran Kota Bukittinggi tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman,” ungkap Edi.

Pemadaman yang dilakukan melibatkan Damkar Bukittinggi, Damkar Agam, Damkar Payakumbuh, Damkar Agam, Damkar Pariaman, Damkar kota Solok, Damkar Padang. Pemadaman juga melibatkan , masyarakat, TNI, Polri, PMI, Tagana dan beberapa Ormas kepemudaan. Turut hadir walikota dan wakil walikota Bukittinggi, ketua DPRD, Sekda dan Kapolres Bukittinggi serta seluruh kepala dinas.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias memprediksi kerugian akibat musibah kebakaran Pasa Ateh Bukittinggi,  Sumatera Barat,  Senin,  30 Oktober 2017, mencapai triliunan rupiah.  Karena, banyak bagian dari Pasar Ateh itu sendiri yang tidak bisa dipakai lagi.

“Prediksi kami sampai sekarang, kerugian kurang lebih Rp1,5 triliun, dan kemungkinan akan bisa terus bertambah,” ungkapnya ketika mendampingi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meninjau lokasi kebakaran tersebut,  Senin,  30 Oktober 2017.

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Penemuan Sosok Mayat Gegerkan Warga Timpeh

Spiritsumbar.com, Timpeh – Warga Jorong Pinang Makmur Kanagarian Tabek Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya, digegerkan dengan ada ...