Selasa , 11 Desember 2018
Beranda - Pariwisata - Budaya - Agam Bangun 28 Unit Dam Parit Untuk Lahan Pertanian
Pembangunan DAM untuk lahan sawah
Pembangunan DAM untuk lahan sawah

Agam Bangun 28 Unit Dam Parit Untuk Lahan Pertanian

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Lubuk Basung – Untuk tingkat produksi di bidang pertanian dan meningkatkan Indeks Penanaman (IP) tanaman dan ketersediaan air bidang pertanian, Pemerintah Kabupaten Agam Sumbar, akan membangun lagi sebanyak 28 unit dam parit melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018.

Yang mana pembangunan Dam parit ini telah dimulai sejak tahun 2011 sampai 2017 yang lalu, telah terbangun sebanyak 102 unit tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Agam, ungkap Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Agam Ir. Arif Restu M,Si. pada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (9/1/2018).
Artikel Lainnya

loading…


Lebih lanjut Arief menjelaskan bahwa tak dapat dipungkiri, terjaminnya ketersediaan air setiap saat sangat dibutuhkan oleh petani untuk mengairi lahan pertanian sebagai tempat usaha mereka. Sehingga diperlukan proses tetap selalu tersedianya air permukaan untuk mengairi lahan pertanian, salah satu caranya adalah dengan pembangunan dam parit.

Dengan di pembangunan dam parit sebanyak 28 unit ini akan mengairi lahan pertanian seluas 770 hektar yang berada di wilayah Kabupaten Agam jelasnya. Ditambahkan bahwa pembangunan dam parit ini merupakan program berkelanjutan setiap tahun, sebelumnya melalui Kegiatan Pembangunan/Peningkatan Infrastruktur dan Sarana Prasarana Pertanian dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler.

Dengan seperti ini, kita yakin pembangunan dam parit merupakan sebuah teknologi sederhana yang memiliki beberapa keunggulan, Diantaranya dapat menampung air dalam volume besar, dapat mengairi lahan cukup luas, dapat menurunkan kecepatan aliran permukaan dan berfungsi menyimpan air di dalam tubuh tanah, sehingga mengurangi resiko kekeringan pada musim kemarau.

Dengan demikian, tentu kita juga mengharapkan bahwa dengan adanya pembangunan dam parit ini, dapat mendukung pencapaian produksi komoditas pertanian di Agam, sehingga ke hidupan ekonomi masyarakat meningkat lebih baik paparnya. (Irman)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Penyempurnaan Data, Jumlah Pemilih Bertambah

SPIRITSUMBAR.com – Komisi Pamilihan Umum (KPUD) Dharmasraya, gelar Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan penyempurnaan daftar ...