Minggu , 18 November 2018
Beranda - Headline - 1500 H, Akhir Kehidupan Manusia di Bumi

1500 H, Akhir Kehidupan Manusia di Bumi

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Jika Bumi bisa berbicara, jika alam mengisyaratkan kepada kita, bahwa usiaku (Bumi) tak lama lagi akan berakhir. Anggapan ini sebenarnya tidak bisa dikesampingkan begitu saja, bahkan sejarah yang telah ditemukan diluar konteks literatur Islam telah menjelaskan prihal yang sama, dan ini bukan suatu hal kebetulan. Dalam hal masalah tanggal ataupun waktu, memang benar tidak seorangpun mampu memprediksi kapan Hari Akhir tiba, seperti yang dijelaskan dalam Qur’an:

Baca : Umur Bumi Diprediksi 60 Tahun Lagi, Ini Dasarnya

Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya. (Al-Ahzab, 33:36)

Ketika manusia tidak mampu melihat apa yang akan terjadi di hari esok, Dia telah memberikan tanda-tanda Kebesaran-Nya yang terlihat pada alam maupun catatan terdahulu. Yang menjadi pertanyaan mendasar, apakah periode manusia hidup di Bumi hanya tujuh ribu tahun dan berakhir hingga tahun 1500 Hijriah?

Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu. (Al-Haj, 22:47)
Rasulullah (saw) mengatakan: “Kehidupan dunia seperti tujuh hari pada hari-hari akhirat. Allah Ta’ala, mengatakan, satu hari sama seperti seribu tahun di sisi Tuhanmu.” (Anas bin Malik)

Apa maksud dari angka tujuh dalam literatur Islam? Tujuh hari sama dengan tujuh ribu, dan benarkah kehidupan manusia di Bumi hanya melewati masa 7000 tahun? Riwayat sejarah banyak mengaitkan periode waktu tujuh ribu tahun mungkin didasarkan pada peristiwa penting dalam sejarah umat manusia.

Banyak sarjanawan menduga bahwa semua ini merupakan awal kalender berdasarkan waktu kehidupan manusia di bumi setelah banjir besar Nuh, dimana sejarah peradaban manusia hancur dan mengulang dari titik paling awal. Tentunya dalam catatan sejarah juga ditemukan kesamaan, seperti Siklus Yuga dan Kalender Maya dimana terjadinya bencana besar diperkirakan waktu yang sama.

Mungkin perhitungan manusia hidup di Bumi selama 7000 tahun terjadi sebelum dan sesudah titik tertentu dalam sejarah umat manusia.

Halaman

 [ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Anggaran Dewan Pers Dipangkas Bakal Perpendek Umur Media Cetak

SPIRITSUMBAR.com – Anggaran Dawan Pers yang selama ini dialokasikan lewat APBN mengalami pengurangan dari usulan ...