Beranda - ADVERTORIAL - 103 Tahun Kab. Solok, Empat Pilar dari Bapak Rakyat

103 Tahun Kab. Solok, Empat Pilar dari Bapak Rakyat

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.co.id – 9 April 2016 Pemerintah Kabupaten Solok memasuki usia yang ke 103 tahun. Peringatan hari bersejarah itu dilakukan dalam kesederhanaan, tanpa kembang api yang menghiasi langit malam. Namun momentum hari penting ini berlangsung khidmat dan mangandung berjuta makna. Penetapan hari jadi tersebut tak lepas dari perannya seorang Gusmal, sosok yang dikenal sebagai bapak pembangunan ini secara nyata telah menancapkan tongkat emas sebuah sejarah daerah penghasil beras ini disepanjang masa. Mari kita telusuri rekam jejak Gusmal, melalui tangannya telah menetapkan sejarah hari jadi Kabupaten Solok. Selamat mengikuti.

5Kamis 7/4, Langit Arosuka kala itu amat cerah, jejeran kendaraan memadati kompleks perkantoran Arosuka Ibukota Kabupaten Solok. Puluhan bahkan ratusan tamu mengisi kursi yang berjejer rapi di Ruang Pelangi Kantor Bupati yang begitu luas. Diantara kesibukan seorang Bupati Solok Gusmal menyempatkan diri membuka secara resmi Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), pada hal waktu begitu sempit bagi Gusmal yang tengah bersiap menghadiri undangan Presiden Joko Widodo ke Istana Negara.

Usai waktu menunaikan Sholat Dzuhur pria kebapakan yang selalu menebar senyum ini keluar dari ruangannya, diiringi oleh sejumlah ajudannya Zulfadri Mantan Walinagari Talang dan salah seorang sesprinya Asrial S, penulis menghampiri dan melakukan konfirmasi cegat, sekaitan dengan hari jadi dan tentang RPJMD Kabupaten Solok yang sedang dalam pembahasan. Sambil berjalan dan menuruni tangga dari lantai dua ke lantai satu, waktu yang terasa berputar cepat Bupati Solok Gusmal masih menyempatkan untuk bercerita seputaran pembangunan kedepan dan sejarah hari jadi Kabupaten Solok.

Gubernur Sumbar“Karena keterbatasan waktu saya yang harus berangkat ke Jakarta, secara intinya tentang empat pilar pembangunan telah menyebar ke semua nagari, silahkan diperluas informasinya oleh rekan-rekan wartawan kepada masyarakat, sedangkan tentang peringatan dan sejarah hari jadi Kabupaten Solok yang semakin diambang pintu, saya yakin penulis yang dulu juga sering menuangkan pemikiran saya di Tabloidnya tempat bekerja, silahkan sampaikan secara ril dan akurat kepada pembaca,” kata Gusmal sambil menaiki mobil dinasnya berlalu meninggalkan Arosuka.

Sejak dilantiknya Gusmal-Yulfadri Nurdin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Solok Februari, nyaris saban hari bila tak ada kunjungan atau sekembalinya dari kunjungan lapangan orang nomor satu dan dua Kabupaten Solok selalu pulang malam. Apalagi sosok Gusmal yang tak pernah akan merasa tenang dan bisa istirahat bila masih ada tugas di kantor yang terbengkalai. “Jika masih banyak surat-surat penting yang harus ditandatangani oleh pak bupati, setiap pulang kunjungan lapangan pak bupati bukannya pulang kerumah, belaiau selalu mampir dikantor. Apalagi surat-surat penting untuk urusan kelancaran pemerintahan serta kepentingan masyarakat banyak,” jelas Asrial S yang akrab disapa buya ini.

Begitulah gambaran sosok Gusmal yang dulu periode (2005-2010) melekat sebagai bapak rakyat, bila dibandingkan waktu tugasnya ketimbang berada dikantor akan lebih banyak berada ditengah masyarakatnya. Kepemimpinan periode kali ini terbilang masih bayi, hitungan bulan sejak dilantik, kunjungan ke nagari-nagari telah sulit dihitung dengan jari. Hal itu merupakan suatu anugerah terbesasr yang diberikan Allah kepada pemimpin satu ini, empat sampai lima kunjungan nagari perhari rasa lelah hamper tak menyentuh raut Gusmal yang mulai terlihat tua dari lima tahun silam. “Saya akui fisik dan kesehatan yang berikan Tuhan kepada bapak cukup luar biasa, saya akui fisik saya kalah dari fisik beliau, “ papar Zulfadri yang memeiliki tubuh kekar yang juga sebagai atlet bola kaki ini.

Pembukaan Festival Danau KembarMedia ini menelusuri sekilas tentang hari jadi Kabupaten Solok yang ditetapkan pada tanggal 9 April 1913. Melalui kajian secara defacto dan dejure serta penetapan hari jadi itu diundangkan pada tahun 2009 yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah No 2 Tahun 2009 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Solok. Tidak hanya itu yang telah ditancapkan sebagai sejarah daerah oleh Gusmal, penetapan core Ibukota sebagai Kota Taman dan pemberian nama Arosuka sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Solok, semua itu diera Bupati Solok dijabat oleh Gamawan Fauzi sosok Gusmal sebagai pemikir dan pemandu musyawarah besar kala itu.

“Melalui kajian dan proses yang cukup panjang telah digali sejarah Kabupaten Solok sejak zaman sebelum merdeka, bukti bukti sejarah, sisa-sa peperangan dan prasasti serta benda-benda purbakala. Bertahun-tahun dilakukan peneiatian bersama dengan seluruh pihak terkait, veteran, pejuang yang masih hidup serta universitas dan sejarahwan telah dikaji mendalam saat itu, sehingga sejah Kabupaten Solok dari penelitian dan peristiwa sejarah telah berdiri pada tahun 1913. Daerah kita juga telah terjadi dua kali pemekaran, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan,” terang Gusmal saat perbincangan seriusnya dengan Tabloid ini.

Mengamati sejarah Kabupaten Solok yang namanya pernah sampai menjulang langit itu, beberapa waktu lalu cukup memperhatikan dibeberapa sektor. Ini amat menantang Gusmal kembali untuk membawa terbang tinggi kelangit nama Kabupaten Solok lima tahun kedepan. Meski disetiap era seorang pahlawan itu dinilai berhasil memimpin sesuai tuntutan zamannya. Beberapa nama yang telah membesarkan nama Kabupaten Solok sejak dijabat oleh Bupati Nurmawan, lalu Gamawan Fauzi yang langsung jatuh asap sebagai orang sipil pertama yang menjabat sebagai Mendagri RI. Nama ketiga itu adalah Gusmal.

Ini bisa dibuktikan dengan ungkai prestasi dari karyanya memimpin peride 2005-2010 itu lebih dari dua puluh penghargaan dari pemerintah pusat, diberbagai bidang telah dipersembahkan Gusmal untuk Kabupaten Solok tercinta ini. Sektor pendidikan di kabupaten Solok era kepemimpinannya mendapat prestasi yang gemilang dan bersaing dengan kabupaten/kota yang ada di republik ini. Sangat layak kala itu Gusmal disebut juga sebagai bapak pendidikan di Kabupatn Solok yang terkenal dengan program tiga pilarnya.

Meski Gusmal seorang pemimpin pertama yang meraya HUT Kabupaten Solok, tahun ini juga mengawali peringatan hari bersejarah ini untuk yang pertama di era kepemimpinan Gusmal yang kedua ini. “Hari ini kita peringati hari jadi penuh kesederhanaan dan dijadikan sebagai mementum introspeksi diri secara bersama, baik pemerintah dan masyarakat, doa doa selalu kita panjatkan yang lalu dijadikan pengalaman, kedepan kita wujudkan tujuan hakiki pembangunan daerah dalam empat pilar pembangunan di Kabupaten Solok,” kata Suami Desna Devi Gusmal, SH ini usai sidang paripurna yang dibuka oleh Ketua DPRD Kab. Solok Hardinalis Kobal di Ruang Rapat Dewan, 9/3 kemarin.

Peringatan hari jadi Kabupaten Solok dihadiri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Muspida Propinsi dan rombongan, bupati dan ketua DPRD se-Sematera Barat, bahkan juga ada dari utusan Kabupaten Propinsi tetangga Jambi, kemudian para pemanku kepentingan Kabupaten Solok, ketua lembaga, ormas, walinagari serta masyarakat yang membanjiri halaman Kantor DPRD Kabupaten Solok. Momentum hari jadi ini seakan mengembalikan sosok Gusmal yang telah mencoretkan tinta emas di Kabupaten Solok.

Untuk lima tahun kedepan Gusmal telah menyiap konsep-konsep pembangunan memoles kembali daerah penghasil markisah ini. Diayakini Kabupaten Solok yang tumbuh bagaikan gadis yang bangun tidur, bila dipoles ia akan tumbuh bagaikan gadis yang sedang mekar, menambah pesona dan dilirik ratusan ribu, bahkan jutaan pasang mata di republik ini. (adv)

ZETRI MURNI

Baca juga:

Bupati Solok Dukung Terebosan Kapolres

Wabup Dorong SMK, Ciptakan Lulusan Siap Pakai

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Obat Propolis

Procumin Propolis, Antibiotik Alami untuk Peradangan

SPIRITSUMBAR.com – Produk INOVATIF sinergi PROPOLIS dan HABBATUS SAUDA yang sudah terbukti khasiatnya. Perpaduan 2 ...